Cara Mudah Jaga Rumah Tetap Rapi

Tentunya kenyamanan dan kebersihan rumah adalah hal yang penting karena dapat meningkatkan produktivitas Anda di rumah. Rumah yang bersih dan rapi juga dapat menjaga kesehatan Anda karena terhindar dari debu-debu atau kotoran yang dapat membawa berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan.  Membuat rumah menjadi rapi dan bersih adalah suatu hal yang mudah untuk dilakukan karena berawal dari kegiatan-kegiatan kecil dan sederhana. Hal yang paling terpenting adalah bagaimana pola hidup kita dan bagaimana kita melakukannya dengan disiplin. Anda juga perlu membiasakan beberapa hal tersebut kepada anak-anak Anda agar seluruh anggota keluarga dapat ikut serta berperan dalam menjaga keadaan rumah.


1.         Kembalikan Benda yang Sudah Digunakan
Kegiatan ini tentu harus dibiasakan dengan baik. Jika Anda memiliki anak, tanamkan kebiasaan ini sedini mungkin. Selain membiasakan untuk hidup dengan disiplin. Hal ini sangat mudah dilakukan sebenarnya. Cara ini juga dinilai sangat efektif untuk menghindari dan mengurangi rumah yang berantakan. Jika setelah membaca buku, Anda langsung mengembalikannya ke dalam rak buku, tentu Anda tidak perlu mengeluarkan waktu untuk membereskannya ketika ternyata buku tersebut sudah tertumpuk oleh benda-benda lain.

2.         Jangan Menunda
Hal ini berlaku untuk segala hal. Ada sebuah konsep yang dinamakan dengan konsep dua menit. Maksudnya adalah, ketika ada hal yang bisa dilakukan dalam waktu dua menit, jangan tunda untuk melakukannya. Karena ketika Anda menunda untuk melakukannya, Anda pastinya membutuhkan waktu yang lebih lama dan yang ada adalah penumpukan kegiatan yang sebenarnya dapat diselesaikan dengan mudah.

Contohnya adalah, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar dua menit untuk mencuci gelas kopi yang baru saja Anda gunakan, tapi karena Anda menunda untuk melakukannya, Anda perlu waktu yang lebih lama karena semakin sulit untuk membersihkan nodanya.

3.         Sirkulasi Udara
Udara yang baik dapat membawa dampak yang baik juga bagi kesehatan Anda karena udaranya yang segar dan kandungan oksigennya yang tinggi. Udara yang baik tidak terlepas juga dari sirkulasi yang baik. Udara yang kotor dari dalam rumah dapat digantikan dengan udara yang lebih segar dari luar. Rajinlah membuka jendela rumah Anda untuk membantu sirkulasi udara berjalan dengan baik.

4.         Rutin Bersihkan
Beberapa benda di dalam rumah Anda perlu dibersihkan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya adalah karpet rumah Anda. Alasan utamanya adalah karena kotor. Karpet yang merupakan tempat yang sering dilalui dan diinjak oleh anggota keluarga di rumah tentu menyimpan banyak bakteri dan kuman. Selain itu, debu-debu juga bisa saja menumpuk dan juga dapat mengganggu kesehatan pernapasan Anda.

AC di rumah Anda juga perlu dicuci atau diservis setiap kurang lebih tiga sampai empat bulan sekali. Kotoran-kotoran dari udara yang menumpuk di bagian dalam mesin AC dapat menurunkan kualitas udara yang dikeluarkan dan kinerja dari mesin AC tersebut dan jika dibiarkan terus-menerus dapat menimbulkan kerusakan pada mesin AC itu sendiri. Karena itu, gunakan layanan service AC Makassar agar AC Anda dapat terawat dengan baik.

5.         Jangan Tumpuk Cucian

Setelah makan, segeralah mencuci piring dan perlengkapan makan yang lainnya. Jika Anda sering menunda melakukannya, maka akan perlu waktu yang lebih lama karena biasanya noda-noda sisa tersebut akan semakin sulit untuk dibersihkan, bahkan lama-kelamaan dapat meninggalkan bercak warna. Hal yang sama berlaku juga untuk pakaian. Rutinlah mencuci pakaian, jangan lakukan sampai satu minggu sekali. Kondisi yang lembap dapat memicu pertumbuhan jamur yang dapat merusak pakaian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Jaga Rumah Tetap Rapi"

Post a Comment