Cara Menghadapi Konsumen Yang Suka Bandingin Harga

Strategi marketing

Kejadian seperti ini sering kali terjadi di dunia bisnis , karena setiap orang mempunyai karakter yang berbeda-beda . Kelakuan konsumen yang suka membandingin harga produk dengan yang lain . Untuk artikel kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara ampuh agar konsumen mengerti dan tidak lari . Di dalam bisnis online maupun offline pada dasarnya karakter orang di indonesia ini sama , yaitu pengen yang murah dan berkualitas . Murah dan berkualitas itu saya rasa hanya sedikit yang berani , tapi murah dan tidak berkualitas itu beredar di pasaran .

Untuk kasus ini , beberapa teman saya yang bergelut di bidang bisnis online suka kelabakan menghadapi sifat manusiawi konsumen seperti ini , tanpa cara yang tepat konsumen malah bisa jadi lari .

Sebenarnya tidak terlalu sulit menghadapi konsumen yang seperti ini , jika anda pembisnis online sebelum mengenalkan produk ke publik anda harus menyiapkan beberapa syarat agar konsumen percaya dan yakin dengan kualitas produk anda . Tentu ini sangat berhubungan sekali dengan konteks yang kita bahas , karena sejatinya bisnis itu terkonsep bukan asal-asalan .Jika anda orang yang baru berbisnis baca dulu ini Strategi Pemasaran Bagi Bisnis Yang Baru Di Rintis 

Pertama , anda harus menyiapkan 3 hal ini

  • Tampilan Produk Harus Elegan
  • Deskripsikan Produk anda dengan jelas
  • Pelayanan yang baik 
Nah untuk kasus konsumen yang suka bandingin harga , biasanya mereka itu hanya membandingkan harga dengan harga di market place seperti di Bukalapak atau Tokopedia .

Kedua marketplace itu memang mempunyai harga-harga yang sangat murah dan terlebih lagi terpercaya .

Kalau di Dunia Offline , maketplace terbesar yaitu Tanah abang , banyak pembisnis datang dari penjuru di indonesia ke sana untuk membeli barang lalu menjualkannya lagi .

Lalu Bagaimana Saya Menghadapi Konsumen Seperti ini ?

Hal yang pertama yang harus lakukan adalah , menjelaskan bahwa Produk anda adalah memang berkualitas , Harga hanya menyesuaikan .

ketika mereka bilang " Di tempat lain lebih murah kok "  anda hanya cukup tersenyum kalau perlu di diamkan saja . Kok di diamkan nanti kabur ? jangan takut untuk ini , ini ibaratkan orang membadingkan harga Di tanah abang dengan Toko-toko , jelas nggak masuk akal bukan . Tidak usah di layani kalau mereka hanya mengotor-ngotorin di komenan dengan feedback yang buruk , blokir aja karena ini sangat menganggu .

Yang terpenting Kualitas barang anda terjamin bagus , Jangan takut bersaing dengan harga mahal .

Banyak konsumen yang lebih baik menyikapi harga ketimbang konsumen keritis seperti ini 

Ketika Konsumen anda yang laik ikut-ikutan membandingin harga , Langkah cepat yang harus lakukan adalah melayani dengan baik , ramah walaupun mereka berkata kasar jawablah dengan sedikit guyonan .

Pada dasarnya sikap seperti biasa aja , anda harus tetap optimis kalau barang yang anda jual berkualitas baik , Harga hanya mengikuti .

Bagaimana Mereka Tidak Jadi Membeli ? 

Tidak perlu kuatir akan hal ini , mereka akan balik lagi kok . Konsumen itu membeli karena mereka tertarik dengan Kualitas barang anda . Berbeda dengan Harga yang murah tapi tidak berkualitas , Konsumen biasanya hanya mencoba dan ikut-ikutan .

Tidak perlu menurunkan harga , perhitungkan lah semuanya dengan teliti . Harga yang anda jual itu memang sudah pantas .

Cukup lakukan promosi berkala dan berulang-ulang , memang sangat membosankan melakukan promosi dengan berulang-ulang . Tetapi anda akan mendapatkan hasil di balik semua itu .

Baca Juga : 14 Usaha Sampingan Modal Kecil Menjanjikan

Utamakanlah di Produk yang berkualitas dan jelas Tampilan Yang elegan , jika anda menjual Harga yang mahal .
Contoh Kasus , Anda membeli kopi di warung dan di Starbuck berbeda bukan , padahal sama-sama kopi . Yang menjadi berbeda adalah tampilan yang elegan dan cita rasa yang terjamin tetapi masih banyak orang di luar sana yang membeli kopi di Starbuck .

Jika anda mempunyai tampilan yang elegan orang-orang tak akan membandingin Harga .
Jadi intinya jika anda seorang bisnis online saya sarankan pakelah Poto produk yang menarik dan elegan dan utamakan pelayanan .

Sekian dari saya , semoga artikel ini bisa membantu jika anda yang ingin di tanyakan silahkan mengisi komentar di bawah .

Subscribe to receive free email updates:

27 Responses to "Cara Menghadapi Konsumen Yang Suka Bandingin Harga "

  1. Makasih sarannya ...Tapi aku agak susah sih ngadepin orang kayak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah kok asal kita berprinsip dan berkonsep...

      Delete
  2. Kalau aku bakal langsung bilang gini, Kalau di sana lebih murah, beli aja di sana. Tapi itu khusus buat konsumen yang udah keterlaluan dan gak ada niat buat beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh itu bener mbak , tapi lebih baik di diamin aja , pada dasarnya mereka cuma nebak2 aja ..

      Delete
  3. Cara terbaik memang di deiemin, atau bilang ga papa kok jika gak mau beli... setidaknya tidak menyakiti calon konsumen.

    ReplyDelete
  4. Dalam kasus ini, penjual harus lebih meningkatkan kesabarannya. Karena penjual melayani pembeli yah meskipun pembeli terkadang rese. Hehe.. Thanks informasinya :)

    ReplyDelete
  5. Intinya kita harus sabar ya..
    sabar berkata dengan pake logika hehe
    Thanks gan

    ReplyDelete
  6. sering banget ngadepin pelanggan yang kayak gini, kadang- kadang malah langsung tak tinggal aja..

    ReplyDelete
  7. kalau ane lebih suka bandingin duit ane, ada kembaliannya gak ya :v

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. iya gan paling males ketemu buyer yang suka bandingin harga
    kalo di sana emang rada murah ngapain juga ngebandingin ke kita , bikin keeseel

    ReplyDelete
  10. Duuhhh memang paling pusing menghadapi pembeli,, semoga penjual dimudahkan semua.. aamiin

    ReplyDelete
  11. Mantap juga nieh tipsnya ane ijin praktekin

    ReplyDelete
  12. sipp nih, emang banyak yang sukanya banding2ing harga
    makasih ya bro :D

    ReplyDelete
  13. makasih sarannya emang suka gitu orang2 hehehe

    ReplyDelete
  14. wkwkw, memang sih konsumen sering ngebandingin harga dengan pasar lainnya, tapi rata2 mereka cuman menebak koq wkwk.

    ReplyDelete
  15. biar tahu gan mencari harga yang terbaik gan

    ReplyDelete
  16. mantap banget gan tips nya :D makasih udah kasih tau

    ReplyDelete
  17. WAH, jujur hal ini sering terjadi pada diri saya. Untung ada artikel ini,, mkasih yah gan

    ReplyDelete
  18. thanks gan tipsnya sangat membantu

    ReplyDelete
  19. Memang kalau kita menghadapi orang spt itu sangat susah, biasanya terkadang org itu jujuratau berbohong bahwa harga ditempat lain lebih murah

    ReplyDelete
  20. bagus ini postingannya, coock yang buat lagi belajar hehehehe

    ReplyDelete
  21. kualitas memang harus jadi andalan ..

    ReplyDelete